Manfaat Paprika Bagi Kesehatan yang Ternyata Banyak

Posted by Labels: at

Paprika adalah salah satu jenis buah yang memiliki peminat. Hal tersebut dikarenakan cita rasa pedasnya yang mempu membuat masakan menjadi lebih nikmat. Selain mampu membuat masakan menjadi lebih nikmat, paprika juga memiliki menfaat untuk kesehatan tubuh.

 

Banyaknya kandungan yang dimiliki paprika, membuat buah ini sering dijadikan sebagai nutrisi tambahan. Penasaran apa saja manfaat yang bisa Anda dapat dengan mengkonsumsi buah ini? Simak dalam daftar berikut.


Sumber Nutrisi, Vitamin dan Kaya Serat
Buah paprika dengan teksturnya yang halus, memiliki manfaat yang sangat besar untuk asupan nutrisi harian. Buah ini dinilai memiliki kadar vitamin yang cukup tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak serat.


Dengen mengkonsumsi  satu buah paprika Anda akan mendapakan serat sekitar 2 hingga 3 gram. Sedangkan kandungan vitamin di dalamnya juga cukup beragam. Tidak hanya vitamin C, buah ini cukup banyak memiliki kandungan vitamin A, E, kadar magnesium, kalium, kalsium, protein , dan karbohidrat dalam jumlah besar. 


Tidak hanya itu, paprika juga dinilai memiliki antioksidan cukup tinggi. Nutrisi lainnya yang terdapat dalam buah ini adalah senyawa capsaicin. Senyawa capsaicin merupakan senyawa yang membuat sumber makanan memiliki sensasi pedas saat dikonsumsi. 


Sebagai Sumber Antioksidan
Paprika merupakan salah satu hasil buah yang memiliki rasa manis dan sedikit pedas. Inilah mengapa buah ini sering digunakan dalam resep masakan untuk memberikan sensasi pedas pada masakan. 

Pengolahan buah ini dalam masakan sebaiknya tidak terlalu layu agar antioksidan di dalamnya terjaga.
Buah ini memiliki kandungan antioksidan yang bermacam-macam. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan pada buah ini sangat tinggi. Hal tersebut menjadikan buah semi pedas ini dapat membantu menangkal radikal bebas dari luar tubuh.


Antioksidan dalam buah ini akan tetap terjaga apabila dimasak dengan cara yang tepat. Paprika biasanya juga digunakan sebagai campuran salad sehingga kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya tetap utuh. Untuk pengolahannya, dianjurkan untuk tidak menggunakan suhu tinggi, agar tidak terjadi denaturasi pada nutrisi di dalamnya.


Menghindari Kanker
Kanker adalah masalah bagi kesehatan yang memiliki efek buruk jangka panjang. Untuk menurunkan risiko terkena kanker, Anda bisa mengkonsumsi buah paprika secara rutin.


Paprika dengan kandungan antioksidannya dapat membantu menekan resiko tumbuhnya sel kanker. Kandungan antioksidan di dalamnya seperti betakaroten, lutein, dan zeaxanthin akan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. 


Menghindari Anemia
Manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari buah ini adalah mampu menghidarkan dari anemia. Perlu diketahui, anemia adalah kondisi tubuh yang sedang kekurangan darah merah. Saat kondisi ini terjadi, oksigen akan sulit untuk diedarkan ke seluruh tubuh karena tingkat Hb yang rendah.


Tidak hanya kaya akan oksidan, paprika juga memiliki kadar vitamin C yang tinggi. Adanya vitamin ini akan memudahkan tubuh untuk menyerap zat besi yang dapat membantu mencegah terjadinya anemia. Keadaan tubuh yang memburuk akibat anemia akan terasa lebih ringan jika asupan zat besi dalam tubuh terpenuhi.


Menjaga Sirkulasi Darah Tetap Sehat
Kandungan antioksidan dalam paprika memiliki manfaat yang sangat signifikan dalam menjaga kesehatan tubuh. Hal ini berlaku pada kemampuannya dalam menjaga sirkulasi darah tetap sehat. 


Buah ini dinilai memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi untuk mensinyalir tubuh dalam menangkap zat besi. Hal ini akan berpengaruh pada jumlah zat besi yang dapat diserap oleh tubuh. Jumlah zat besi inilah yang akan membantu jumlah keping darah merah dan sirkulasinya tetap normal dan terjaga.

Back to Top